Content of blog

Blog ini tidak hanya mengulas tentang tips dan trik tentang berbisnis ataupun membahas tentang motivasi saja namun juga kumpulan tips dan informasi mengenai komputer maupun software dan beberapa opini pribadi mengenai isu maupun ilmu pengetahuan yang berkembang yang diharapkan dapat berguna bagi kita semua.
Blog ini juga dilengkapi dengan dwonload room, dimana para pengunjung blog saya bisa mendownload secara gratis aneka macam file koleksi saya mulai dari Mp3 hingga e-book.
So enjoy my blog.

Recent Post

Monday, May 28, 2012

Filsafat Dalam Kehidupan

Filsafat, mungkin untuk beberapa orang ini merupakan sesuatu yang tidak penting, belum lagi masih banyak yang menganggap tabu apa yang disebut Filsafat itu sendiri. Namun disini saya akan memberikan sebuah gambaran apa dan bagaimana sebenarnya Filsafat itu.
Sebelum masuk lebih dalam ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu, apa sebenarnya yang dimaksud Filsafat? Filsafat menurut etimologisnya berasal dari bahasa yunani yaitu Philo (Cinta) dan Shopia (Kebijaksanaan), adapun definisi Filsafat menurut socratess adalah berfikir secara mendasar untuk mencari hakekat sesuatu. Selanjutnya setelah mengerti arti dari filsafat kita harus mengetahui pula bahwa filsafat merupakan induk dari pengetahuan atau kerap disebut Mother of Sains, dimana filsafatlah awal dari semua ilmu yang ada di dunia saat ini.
Pada dasarnya filsafat bukanlah merupakan hal buruk, karena sifat filsaaft itu sebenarnya adalah berfikir secara mendasar (Radikal), menyeluruh (holistik), berspekulasi (spekulatif).
  1. Berfikir Mendasar (Radikal)
    Yang dimaksud dengan berfikir secara radikal adalah melihat segala sesuatunya dari hal-hal yang mendasar sesuai dengan kata radikal itu sendiri yang berarti akar pohon, seperti saat kita melihat sebuah bangunan kita harus melihat dari fondasinya, tidak melihat bahwa itu adalah bangunan yang bagus atau mewah.
  2. Befikir Menyeluruh (Holistik)
    Berfikir holistik merupakan cara berfikir dengan melihat keseluruhan, tidak hanya dari satu sudut maupun satu pandangan, seperti saat kita melihat sebuah kolam kita tidak bisa hanya melihat bentuk kolam tersebut, tapi harus pula melihat apa isi kolam, kebersihan kolam, dan hal-hal lainnya.
  3. Berspekulasi (Spekulatif)tanpa menentukan sebuah titik di secarik kertas kita tidak akan bisa membuat sebuah lingkaran di atas kertas tersebut, begitupun dengan filsafat, saat kita tidak berspekulasi untuk memulai dengan satu hal makan tidak akan ada kegiatan berfilsafat.
Setelah paparan diatas mungkin kita bisa menilai lagi sebenarnya apa itu filsafat dan untuk apa sebenarnya? dan apabila kita sadari semua orang di dunia ini secara sadar maupun tidak sadar pernah berfilsafat.

mungkin hanya sedikit gambaran mengenai filsafat dari saya, untuk lebih mendalami ataupun memahami filsafat ada beberapa buku yang bagus sebagai pegangan seperti dunia shpopie, filsafat ilmu, dll dimana beberapa e-booknya tersedia di Download Room web ini

-ADP-

1 comments:

wijaya rizky said...

sip bnr tu mas,tp bnyk orng yg menganggp orng yg bljr filsft itu gila. krena trkdng memikirkn hal-hal yang jauh dari nalar.
ijin donload e-booknya yaa ^^
mampir disini ya klau pnya wktu >>http://how-yourblog.blogspot.com/

Post a Comment

Followers

About Me

My Photo
just an ordinary people who like to think about everything that make me think.
 
Copyright © 2012. Learning, Thinking, And Growing . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map